Sabtu, Desember 06, 2014

katakan TIDAK pada nikah siri

  12 Komentar    
categories: ,
seketika mata saya terbelalak ketika tak sengaja di twitter saya lihat ada sebuah akun jasa nikah siri,dilengkapi dengan foto profil gambar perempuan cantik dengan pakaian terbuka,saya lihat foto-foto yang pernah dimuat semua perempuan-perempuan berbaju seksi dan pose seronok.disitu tercantum alamat blognya,dannn.... karena penasaran saya buka blognya,disana tercantum alamat lengkap (dijakarta) dan no hp si pemilik blog yang katanya seorang ustad.miris...

nikah siri apa sih?siri sendiri berasal dari bahasa arab yaitu sirri atau sir yang bermakna rahasia,nikah siri berarti nikah diam-diam dilakukan secara agama tanpa tercatat di KUA.betulkah semua pernikahan siri itu dilakukan secara agama yang mana terpenuhi semua syarat dan rukun nikahnya?terpenuhi kah syarat orang yang berhak menjadi saksi dan walinya?

anda berniat nikah siri (poligami)?kami menyediakan penghulunya dengan biaya 2 juta rupiah,tidak perlu repot-repot mencari saksi dan wali karena saya menyediakannya *catatan:dengan kondisi tertentu wali hakim diperbolehkan*

itu sepenggal kalimat yang tercantum diblog tersebut,waduhhh... saya kok ngeri ya?nikah kok di gampang-gampangin,kalau saya pribadi sih berpikirnya begini,kalau memang semuanya clear and clean kenapa nikah itu dirahasiakan?kalau orang menikah siri pasti ada sesuatu yang di sembunyikan,kalau harus sembunyi/dirahasiakan bagaimana bisa pernikahan itu menimbulkan ketenangan dan ketentraman?bagaimana bisa terwujud sakinah mawaddah dan rahmah?


sumber gambar:blogbintang.com

yang belum nikah jangan nikah siri dong ya,nikah resmi kan mudah,dari pengalaman-pengalaman orang yang pernah nikah siri kebanyakan ujung-ujungnya ditelantarkan,di bilang punya suami kok suaminya tidak pernah datang-datang lagi,tanpa nafkah lahir dan batin,dibilang cerai ya tidak juga karena belum jatuh talak,akhirnya statusnya "menggantung" belum lagi anak yang dihasilkannya "terkatung-katung" serba tidak jelas.*itu pengalaman tetangga dikampung saya dulu*

karena nikah siri itu bersifat rahasia,biasanya keluarga masing-masing mempelai pun tidak saling mengenal,ketika ada masalah dikemudian hari yang ada semuanya kebingungan kemana harus mencari keluarganya,belum lagi kalau si prianya orang luar negeri,mau mencari ke negeri orang tanpa tahu alamat dan keluarganya?sama saja bunuh diri.coba main ke daerah puncak bogor banyak terlihat anak-anak kampung asli disana tapi berwajah "lain",konon disana banyak terjadi nikah siri plus nikah kontrak.

meski secara agama nikah siri itu sah,tapi dimata hukum negara perkawinan itu tidak sah karena tidak tercatat di KUA,alhasil anak yang dihasilkan dari pernikahan siri statusnya sama dengan anak yang lahir diluar nikah,yakni hanya punya hubungan hukum dengan ibunya.(lihat pasal 43 ayat 1 tahun 1974 tentang perkawinan).bisakah anak tersebut memperoleh akte lahir?bisa,dan di akte hanya dicantumkan nama ibunya,tidak menyebut nama ayahnya.(lihat pasal 52 ayat 1 perpres no 25 tahun 2008 tentang persyaratan dan tata cara pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil).pasti sedih deh itu anak.... hiks..!

banyak orang-orang terkenal yang dikemudian hari nikah sirinya bermasalah,contohnya ayu azhari-temu,melinda-bupati,dewi persik-aldi taher,yang pernah begitu menggemparkan ialah kasus bupati garut aceng fikri,masih ingatkan?nikah siri hanya berlangsung 4 hari dan si istri diceraikan via SMS!tragis..!berita ini melambung kemana-mana sampai diluar negeri pun ramai diberitakan.memang ya nikah siri itu banyak madaratnya,terutama bagi perempuan.

apa saja kerugian nikah siri?berikut diantaranya:
  • rentan terjadinya perceraian,biasanya salah satu pihak yang merasa tidak ada beban dengan mudah memutuskan bercerai.
  • status anak yang dihasilkan dari pernikahan siri sudah dijelaskan diatas
  • karena tidak memiliki kekuatan hukum maka istri tidak mendapatkan haknya seperti pada pernikahan normal
  • dll.

bagaimana kalau terlanjur sudah menikah siri?segera daftarkan pernikahan anda di KUA,resmi.. tidak main sembunyi-sembunyi.. memberikan ketenangan.. indah bukan?

wallaahu a'lam,semoga bermanfaat

sumber:hukumonline.com





12 komentar:

  1. Betul itu..,mending langsung diresmiin saja baik secara agama maupun negara. Karena nikah siri itu ruginya pake banget untuk si wanita.nikah siri? Oh no!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mba yulita sdh berkunjung.... :)

      Hapus
  2. Aku malah baru tahu lho ada jasa nikah siri, ckckckckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba eli... saya juga baru tau,maka'y kaget bgt ^_^

      Hapus
  3. jangan2 ini nikah mut'ah nya syiah mbak? >_<

    BalasHapus
  4. waduh ada jasanya ternyata...
    kok bisa bebas gitu pemasarannya ya...
    intinya nikah sirih itu lebih banyak ngerugiin yang perempuan...
    tapi malah banyak perempuan yang mau *JadiBingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. maka'y sy sbg perempuan posting nikah siri ini mas,mdh2n byk yg baca dan membangun kesadaran agar perempuan2 jgn mau nikah siri ^_^

      Hapus
  5. Nikah siri..oh nikah siri..jadi teringat daun sirih mak, hihihiih..sampe hapal nih Mak Aira artis2 yg nikah sirih siapa saja, termasuk si Aceng Fikri, yg sekrg gak jadi bupati lagi, tapi eh... dia malah terpilih jd anggota dewan lo mak, hadeh... Tapi menurutku, bisa saja org yang nikah sirih itu pny alalan khusus mak, walaupun mereka tau konsekwensinya seperti apa.. hehehe...yah kita gak taulah ya alasan org ya, hehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah maklumlah sy suka acara hossip,heee... ya jelas mak pasti mereka pya alasan knp nikah siri,postingan diatas hya meng-INGAT-kn aja bhw nikah siri itu byk madarat'y khusus'y bagi perempuan... mksih udh brkunjung :)

      Hapus
  6. Daripada menikah siri mendingan nikah secara resmi langsung. Dan jelas juga statusnya juga. Itu menurut aku iya mbak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. lahhh... kn menurut sy juga begitu... ^_^

      Hapus

terimakasih sudah berkunjung,silahkan tinggalkan jejak anda disini....:)